Perbandingan E-Commerce untuk Toko Online

Pengertian E-commerce
E-commerce atau perdagangan eletronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik, contoh internet.

Faktor kunci sukses dalam e-commerce
Dalam banyak kasus, faktor-faktor sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan yaitu dengan
  1. Mengandalkan kekuatan produk yang ditawarkan
  2. Adanya tim manajemen yang handal
  3. Pengiriman yang tepat waktu
  4. Pelayanan yang bagus
  5. Struktur organisasi bisnis yang baik
  6. Jaringan infrastruktur dan keamanan
  7. Desain situs web yang bagus
  8. Menyediakan harga kompetitif
  9. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
  10. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
  11. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
  12. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
  13. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
  14. Mempermudah kegiatan perdagangan
  15. Menjaga kepuasan dan kepercayaan pelanggan harus diutamakan.

    Masalah e-commerce

    1. Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
    2. Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.
    Aplikasi bisnis
    Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
    1. E-mail dan Messaging
    2. Content Management Systems
    3. Dokumen, spreadsheet, database
    4. Akunting dan sistem keuangan
    5. Informasi pengiriman dan pemesanan
    6. Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
    7. Sistem pembayaran domestik dan internasional
    8. Newsgroup
    9. On-line Shopping
    10. Conferencing
    11. Online Banking
    Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal. Untuk di Indonesia, bisa dilihat tradeworld.com, bhineka.com, fastncheap.com, tokobagus.com, berniaga.com, kaskus.com, dll.

    Pengertian CMS
    CMS (Content Management System) adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengelola dan memfasilitasi proses pembuatan, pembaharuan, dan publikasi content secara bersama (collaborative content management). Terminologi CMS sendiri cukup luas, di antaranya mencakup software aplikasi, database, arsip, workflow, dan alat bantu lainnya yang dapat dikelola sebagai bagian dari mekanisme jaringan informasi suatu perusahaan maupun global. CMS terbukti merupakan sebuah aset penting bagi perusahaan untuk mengelola content situs web dan portal secara efisien dan efektif. Aplikasi berbasis Web yang semakin berdaya, secara tidak langsung meningkatkan peranan dan pentingnya CMS sebagai bagian dari infrastruktur aplikasi perusahaan. Dengan adanya CMS yang terintegrasi dengan sebuah WebSite akan memberikan suatu nilai lebih yang akan meningkatkan fungsionalitas dan fleksibiltas dari Web Site tersebut, terlebih pada WebSite yang tujuan pemanfaatannya sebagai media promosi dan membangun citra konsumen, di mana kontinuitas dan inovasi dalam pemasaran produk-produk secara berkala dan berkesinambungan sebagai suatu hal yang memegang peranan penting dalam tercapainya target pemasaran.

    CMS untuk ecommerce
    Banyaknya cms ( content management system ) membuat kita bingung untuk menentukan mana yang terbaik dan sesuai kebutuhan kita. Berikut ini adalah beberapa CMS yang mengkhususkan diri sebagai CMS ecommerce. Urutannya berdasarkan rating pembaca dari http://www.opensourcecms.com

    PrestaShop
    Magento
    Zen Cart
    osCommerce
    Freeway
    cpCommerce
    osCSS
    .....
    Cubecart
    VirtueMart

    Semua CMS E-commerce ini mudah dalam instalasi dan update, karena sudah menerapkan instalasi otomatis, kecuali sedikit settingan untuk keamanan, pemula juga pasti bisa.
    Selain CMS open source yang mengkhususkan dirinya sebagai ecommerce, CMS lain berbentuk Portal yang populer seperti WordPress, Drupal, maupun Joomla pun memiliki komponen yang bisa ditambahkan sebagai ecommerce.

    Perbandingan CMS untuk E-Commerce

    a. ZenCart :
    • Beberapa fungsi yang bisa diotomatisasi. Seperti tugas tertentu dan konfirmasi order.
    • Proses navigasi pelanggan yang sederhana
    • Aplikasi promosi dan program pemasaran yang sudah built-in. Seperti kupon diskon, voucer, belanja, newsletters, dan program notifikasi produk yang membantu para pembelanja untuk selalu up-to-date mengenai produk yang mereka gandrungi.
    • Pembuatan program diskon per-produk, diskon umum keseluruhan produk, diskon per kelompok produk, serta penentuan diskon berdasarkan kuantitas belanja.
    • SEO (Search Engine Optimization), kontrol meta tag per produk, akan membuat produk-produk Anda mudah diserap oleh mesin pencari besar seperti Google, Yahoo, MSN, serta mesin pencari (search engine) lainnya.
    • Alat pelindung password administrator dan sistim pengamanan folder administrator yang handal dan mudah.
    • Sangat mendukung untuk website multi-bahasa, multi-mata uang, dan struktur pajak.

    b. PrestaShop
    • Sangat lengkap dan ringan ( kurang dari 2 MB).
    • Mendukung penggunaan voucher diskon. Voucher ini dapat Anda berikan kepada user tertentu atau kepada semua user.
    • Mendukung diskon untuk pembelian dalam jumlah tertentu (bisa persentase diskon atau nominal diskon).
    • Mendukung kombinasi produk. Misalnya produk satu iPod ada yang berwarna merah, hitam, putih dll. Kemudian kapasitasnya ada yang 8GB, 16GB 32GB dll.
    • Bisa digunakan dengan PayPal.
    • Penggunaan beberapa mata uang.
    • Hampir semua script toko online masa kini sudah mendukung produk-produk digital. Begitu juga dengan PrestaShop. Jadi Anda juga bisa jualan software atau eBook.
    • PrestaShop punya forum resmi dalam berbagai bahasa, salah satunya adalah bahasa Indonesia!

    c. OsCommerce
    • Mudah bagi administrator toko untuk menampilkan semua produk mereka ke customer dengan permintaan-permintaan khusus dari customer itu sendiri.
    • Customer Functionality. Customer dapat melihat semua history pembelian di dalam toko online. Database mengenai penjualan atas customer tersimpan rapi dan aman. Customer juga dapat memaintain account mereka sendiri.
    • Product Functionality. Menampilkan produk-produk yang dijual di dalam suatu toko online. Berapa stok yang tersedia dalam toko tersebut dan penjelasan lebih lanjut mengenai spesifikasi produk yang bersangkutan.
    • Payment Functionality. Menyediakan beberapa alternatif pembayaran atas pembelian terhadap produk didalam toko online. Baik itu offline maupun pembayaran online melalui bank yang telah ditentukan.
    • Shipping Functionality. Fitur pengiriman yang akan langsung menghitung berapa biaya pengiriman yang akan ditanggung oleh pembeli terhadap berat, jumlah, kualitas dan tujuan pengiriman atas suatu produk yang dijual di toko online.
    • Tax Functionality. Menampilkan pajak atas penjualan produk di dalam toko online. Bisa menampilkan pajak yang berbeda-beda tergantung atas produknya.

    d. CubeCart
    • Mudah mengubah tampilan lewat penerapan template.
    • History order.
    • Jumlah kategori dan produk yang tidak terbatas.
    • Mendukung multi mata uang.
    • Banyaknya modul pengiriman.
    • Banyaknya modul pembayaran.
    • Bisa membuat banyak toko dengan satu database.
    • Pencetakan invoice.

    e. VirtueMart
    • Mampu menggunakan Secure Socket Layer (https) Encryption (128-bit)
    • Pembeli dapat mengelola Account Pengguna (pendaftaran diperlukan)
    • Alamat Pengiriman Management (Pelanggan dapat memasukkan Alamat Pengiriman mereka sendiri)
    • Order Sejarah: Shopper dapat melihat semua Orders sebelumnya mereka (dan Order Detail)
    • Order Konfirmasi Mail (disesuaikan!) Yang dikirim ke Shopper dan Pemilik Toko
    • Beberapa Mata Uang (Anda dapat memperbolehkan Pelanggan untuk mengubah Mata Uang dan membeli dengan menggunakan mata uang alternatif)
    • Beberapa bahasa (menggunakan Joomla! Component Joom! Ikan atau Nooku).
    • Powerful Web-Administrasi Interface (Javascript-powered)
    • Mengatur Jumlah yang tidak terbatas Produk dan Kategori
    • Dapat digunakan sebagai Shop atau hanya sebagai Online-Katalog (Anda bahkan dapat mematikan Harga Display)
    • Cepat Cari Produk, Kategori dan Produsen; filter by fitur atau diskon Produk
    • Produk Ratings & Testimonials (moderator atau auto-dipublikasikan)
    • Fitur Produk tertentu dengan menetapkan mereka “khusus”
    • Produk Ketersediaan: menunjukkan seberapa cepat Pelanggan dapat mengharapkan pengiriman
    • Menangani download Produk (virtual Barang)
    • “Produk ini kembali dalam Persediaan”-Pemberitahuan untuk berlangganan Pelanggan
    • Beberapa Foto dan File (seperti Spec Sheets dan Flyers) per Produk
    • Produk Atribut (seperti Ukuran atau warna) dapat ditambahkan ke Produk
    • Jenis Produk untuk Klasifikasi (seperti “Mobil”, “Motor” atau “Musik Album”)
    • Shopper Grup untuk Pelanggan (memungkinkan berbeda Level dan Harga Pilihan Pembayaran),
    • Beberapa Harga per Produk (Kuantitas-based dan / atau Kelompok Shopper berbasis Harga)
    • Fleksibel Harga Display (angka & format mata uang, termasuk atau tidak termasuk pajak)
    • On-the-Fly Harga Konversi antara berbagai Currencies menggunakan Live Peringkat dari ECB atau bank lain
    • Toko Statistik / Control Panel dengan Ringkasan Pelanggan baru, Pesanan baru
    • Stock Level Control untuk Produk dan Item
    • Order Management dengan Orde Sejarah, Pelanggan Edit Order Pemberitahuan dan Fungsi
    • Pelaporan dasar Fitur: dijual Produk, bulanan / tahunan Pendapatan
    • Status Pesanan Manajemen
    • Mengelola Mata Uang yang berbeda, Negara & Serikat
    • Mampu hidup Pengolahan Kartu Kredit
    • Pembayaran telah ditetapkan, Gateways seperti authorize.net ®, PayPal, 2CheckOut, eWay, Worldpay, PayMate dan NoChex
    • Memperpanjang Toko Anda dengan Modul Pembayaran Modul Pembayaran menggunakan API!
    • Fleksibel Pengiriman Carriers dan Harga Konfigurasi
    • Live-Tarif Pengiriman menggunakan Modul Pengiriman (misalnya InterShipper, UPS, USPS, FedEx atau Kanada Post; Modul dapat menggunakan Tarif Pengiriman API).
    • Memperpanjang Toko Anda dengan Modul Pengiriman menggunakan Modul Pengiriman API!
    Sumber referensi

    http://id.wikipedia.org/wiki/E-commerce
    Sumber artikel pengertian E-commerce, faktor kunci sukses dalam E-commerce, masalah yang dihadapi dan aplikasi bisnis.

    Dari blog tetangga
    http://blog.uad.ac.id/ighfirli/2011/04/16/perbandingan-cms-untuk-e-commerce-part-2-2/
    http://blog.uad.ac.id/raharjosetyawan/2011/04/15/perbandingan-cms-untuk-e-commerce-2/






    2 komentar:

    1. Karena ulah segelintir orang yang melakukan penipuan dibidang e-commerce memberikan sumbangsih ketidakpercayaan publik untuk berbelanja.
      Terimakasih sharenya gan, salam sukses

      BalasHapus
    2. Benar penipuan memang selalu ada, dan salah satu tantangan dalam bisnis toko online adalah menjaga kepercayaan pelanggan.

      Salam sukses juga.

      BalasHapus

    Game Edukasi Anak Terbaru

    Setelah cukup lama tidak release app terbaru, sekarang baru bisa release kembali game edukasi terbaru. Game ini saya beri judul Game Eduka...

    Terpopuler di Blog